Kawat Seling Galvanis

 Cara Memperpanjang Usia Penggunaan Kawat Seling Galvanis

Kawat seling atau wire rope merupakan tali berbahan dasar baja yang sering digunakan di berbagai jenis industry. Kawat seling atau wire rope banyak digunakan di berbagai sektor untuk membantu memudahkan sebuah pekerjaan, seperti tambang, pabrik, atas kapal, minyak gas dan lainnya. Oleh karena itulah kawat seling galvanis selalu banyak dicari orang.

Setiap barang yang digunakan oleh manusia tentu memiliki usia pakai, seperti halnya dengan kawat seling galvanis atau wire rope. Usia pemakaian dari sebuah wire rope sendiri tergantung 4 hal di bawah ini:

Tips memperpanjang pemakaian kawat seling galvanis

  1.   Penyimpanan

Kawat seling atau wire rope haruslah disimpan di tempat yang kering, terhindar dari air hujan dan sinar matahari langsung. Idealnya wire rope disimpan dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik. Hindarkan wire rope dari tempat-tempat korosif agar tidak mudah berkarat. Jangan menyimpannya di dekat boiler, pipa air panas atau tempat yang banyak uap panas lainnya karena akan menghilangkan lubrikasi dari wire rope.

  1.   Handling atau penanganan

Wire rope juga harus ditangani dengan baik dan hati-hati. Sebab jika penanganannya tidak tepat bisa mengakibatkan kink dan hati wire rope keluar dan patah. Kink terjadi ketika anda mengulur gulungan, ada kalanya wire rope membentuk loop atau lingkaran. Jika hal ini terjadi dan anda secara secara sengaja atau tidak menariknya, maka kink akan terjadi. Hati wire rope yang keluar dan kink merupakan kerusakan yang sifatnya permanen dan tidak dapat diperbaiki. Namun wire rope masih bisa digunakan dengan membuang bagian tersebut dengan cara dipotong.

  1.   Pemakaian

Agar usia wire rope lebih optimal, anda harus memastikan bahwa peralatannya selalu bekerja dalam kondisi prima. Pastikan ukuran sheave dan drum sesuai, tidak terlalu kecil atau besar. Sebab jika terlalu kecil wire rope akan stress. Selain itu ukuran yang pas dan tepat untuk wire rope adalah memiliki permukaan halus, tidak berkarat, dapat berputar dengan baik, serta tidak ada bagian manapun yang terkikis karena penggunaan yang berulang-ulang.

  1.   Perawatan

Agar wire rope lebih tahan lama, maka harus diberikan lubrikasi dan dibersihkan secara rutin. Cara membersihkan wire rope dari berbagai kotoran yang menempel seperti pasir atau kerikil adalah dengan menyikatnya menggunakan sikat kawat. Setelah dibersihkan, selanjutnya berikan lubrikasi. Lubrikasi disini berguna untuk menahan karat, mengurangi gesekan antara strand dengan wire rope, dan menjaganya agar tetap flexible.

 

Previous Article
Next Article