Pengobatan untuk Saraf Kejepit

Pengobatan untuk Saraf Kejepit

Menurut hellosehat.com saraf terejepit atau pinched nerve merupakan kodisi akar saraf mengalami tekanan berlebih pada daerah tubuh tertentu sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti punggung, pergelangan tangan atau siku. Saraf kejepit ini umum terjadi pada tubuh manusia dan dalam intensitas waktu yang lumayan sering sehingga tidak mendapat perhatian terlalu besar karena dianggap sudah biasa atau kondisi yang wajar terjadi tubuh. Tentu ini sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus, untuk itu cara mengobati saraf kejepit diperlukan untuk mengetahui tindakan apa yang dilakukan untuk pertolongan pertama dan tindakan lanjutan sebelum kondisi semakin buruk.

Penyebab dari saraf kejepit ini menurut hellosehat.com adalah kegiatan yang dilakukan berulang – ulang dan dalam waktu yang lama, kondisi ini membuat ligamen, tendon, atau tulang memberikan penekanan pada saraf yang menyebabkan rasa sakit memberian sinyal kepada otak dan meresponnya dengan menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada daerah tersebut. selain itu ada beebrapa kondisi ayng menyebabkan saraf kekepit seperti postur tubuh yang tidak baik memberikan beban kepada tulang belakang, terluka, rematik, stres yang diakibatkan aktivitas yang berulang–ulang, kegiatan olahraga yang mempunyai peluang resiko cedera yang besar, serta carpal tunnel syndrome yaitu kondisi saraf kejepit didaerah tangan yang umunya trjadi pada perempuan.

Gejala yang ditimbulkan dari saraf kejepit adalah kesemutan, nyeri, dan jika dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan rusakan permanen pada saraf dan jalan harus ditemuh adalah dengan operasi. Sebelum terjadi kondisi seeprti itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati saraf kejepit yaitu :

  1. Minum obat pereda nyeri

Jenis obat yang dapat digunanak adalah obat anti–inflamasi yaitu iburpofen, dan aspirin untuk mengurangi pembengkakan, dan kortikosteroid untuk mengurngai rasa sakit, nyeri dan bengkak.

  1. Konsultasi kepada ahlinya

Jika nyeri masih dirasakan dalam jangka waktu yang laam dan tidak menunjukkan tanda–tanda penyembuhan yang harus dilakukan setelah itu adalah menghubungi dokter dan menjalani pemeriksaan untuk mengetahui apa penyebab dan bangaimana mengatasi masalahnya.

  1. Istirahat yang cukup

Dokter akan menyarankan kamu untuk istirahat untuk mengurangi tekanan yang terjadi pada saraf yang terjadi akibat dari aktivitas sehari–hari. Namun jika diperlukan memakai balet atau penjepit untuk melemaskan saraf, apalagi jika memiliki carpel tunnel syndrome kamu kan disarankan memakai balet di siang dan di malam hari.

  1. Melakukan terapi fisik/ fisioterapi

Kegiatan ini dilakukan untuk meredakan rasa sakit, nyeri, mengurangi tekanan pada saraf meningkatkan kebugaran, membantu mengembalikan fungsi fisik dan membuat tubuh bergerak lebih leluasa dengan kegiatan olahraga yang meliputi peregangan, gerakan inti, angkat beban dan berjalan

  1. Operasi

Cara mengobati saraf kejepit lainnya adalah dengan cara operasi. Ini tidakan yang dilakukan jika kondisi tidak membaik setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah melakukan perwatan yang disebutkan di atas tadi. Pada kondisi tertentu akan dilakukan pengambilan taji atau bagian disk hernia di tulang belakan, namun itu tergantung dari tempat dimana saraf kejepit. Lokasi saraf kejepit akan berbeda-beda perawatannya dan tindakan yang dilakukan oleh dokter.

Itulah beberapa cara mengobati saraf kejepit. Poin terpenting dari cara–cara ini adalah konsultasi kepada yang lebih ahli untuk mengatahui kondisi tubuh yang sakit dan tindakan tepat yang harus dilakukan segera dan perawata lanjutan yang dibutuhkan.